Tentang Kenapa Pasak Bisa Lebih Besar Daripada Tiang? :)

Pasak TiangPernahkah ada diantara agan sista yang ngerasa kok cepet banget ya uangnya abis.. Emang dipake apa aja sih duitnya, perasaan bulan ini ga banyak belanja? Kalo banyak yang ngerasa kayak gitu, sama dong hehehe…. Lha terus kalo sama ya ga ada solusi dong??..sabaaarrr,, baca tulisannya sampe beres ya :mrgreen:

Jadi di postingan ane kali ini, ane mo cerita pengalaman pribadi ane (sebenernya pengalaman ini barengan ma bini ane juga sih šŸ˜› ) terkait masalah penghasilan dan pengeluaran. Jadi ceritanya gini, tiap ane gajian, biasanya langsung ane tabungin duitnya buat tabungan anak ane ma nabung buat kontrakan. Nah, suatu waktu ane ma istri sempet bingung, karena beberapa kali uang tabungan harus kepake, padahal klo ngeliat rencana diawal bulan (rencana secara lisan) seharusnya uang gajinya cukup untuk pengeluaran bulan ini tanpa harus ngeganggu tabungan sama sekali. Dan akhirnya ane ma istri sepakat untuk menuliskan rencana pengeluaran (bukan lisan lagi, tapi dituangkan dalam tulisan) diawal bulan. Terus istri ane sebagai Direktur Keuangan di keluarga berinisiatif bikin anggaran bulanan. Dari rencana belanja bulanan yang udah dibikinin ma istri ane, akhirnya ane sebagai Direktur Utama juga ga mau kalah buat berinisiatif (kompetisi dalam kebaikan kan bagus hehe….) untuk bikinin program anggaran sederhana pake excel yang nge-link antar sheet nya.

Udah sebulan ane pake nih program excel sederhananya, dan lumayan bisa menjelaskan kenapa selama ini merasa kekurangan, salah satunya adalah karena pengeluaran buat makanan dan cemilannya overbudget (melebihi anggaran) hahaha….

Tapi biar bagaimanapun perencanaan itu emang perlu gan,, supaya kalopun realisasinya melenceng, ya ga melenceng2 amat lah hehehe…. Jadi buat agan sista sekalian yang juga ngerasa butuh program excel sederhana tentang anggaran dan realisasinya,, yang insya Allah mudah digunakan, ane kasih gratis deh buat agan sista semua.. Silahkan didonlot, tapi sebelum menggunakan dibaca dulu ya petunjuk pengisiannya :mrgreen:

Yang mau donlot, silahkan donlot (double click) disini: Anggaran Belanja Bulanan.xlsx

Semoga postingan dan program sederhananya bisa bermanfaat buat kita semua šŸ™‚

Sumber Gambar: 1. http://toonclips.com/600/6241.jpg

Advertisements

One thought on “Tentang Kenapa Pasak Bisa Lebih Besar Daripada Tiang? :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s