Mari Kita Selesaikan Siklus Akuntansi…..

Halo agan sista sekalian…udah lama banget nih ga update tulisan lagi. Insya Allah hari ini saya mo nyelesein materi siklus akuntansi dari mulai menyiapkan laporan keuangan sampe jurnal pembalik. Mungkin udah banyak banget nih para pembaca setia blog ini yang penasaran dengan kelanjutan siklus akuntansi sampe tamat gimana ceritanya (hehehe…ke ge-er an banget ya :cool:)

Kemaren (maksudnya sampe postingan terakhir… :lol:), kita udah sampe bahasan adjusting entries dan adjusted trial balance. Nah sekarang saatnya kita ngebahas tentang laporan keuangan. Sebetulnya laporan keuangan secara lebih lengkap udah pernah saya jelasin di tulisan2 saya sebelumnya, jadi ga akan terlalu banyak saya bahas ya :mrgreen:.

Jadi ceritanya, setelah kita buat adjusted trial balance, kita bisa langsung buat yang namanya laporan keuangan. Caranya, ya tinggal kita comot aja angkanya dari adjusted trial balance. Yang pertama kali kita buat adalah laporan laba rugi ato income statement, untuk penjelasan lebih rinci bisa agan sista baca lagi tulisan ane yang judulnya Sekarang Gilirannya Ngebahas Laporan Laba Rugi. Nah, Laporan laba rugi ini terdiri dari pendapatan dan beban yang angkanya kita ambil dari adjusted trial balance. Dari laporan laba rugi ini kita bakalan dapet tuh yang namanya laba (klo pendapatan lebih besar dari beban) ato rugi (klo pendapatan lebih kecil daripada beban). Laba atopun rugi yang kita dapet dari laporan laba rugi bakalan kita pake buat nyusun laporan perubahan modal, yaitu untuk menambah modal (klo laba) ato ngurangin modal (klo rugi) sehingga kita bisa tau berapa modal akhirnya, penjelasan lebih rinci bisa dibaca ditulisan ane yang judulnya Mmmm…It’s Time for Laporan Perubahan Modal. Setelah kita dapetin yang namanya modal akhir, baru deh kita bisa nyusun neraca. Untuk saldo2 aktiva dan kewajiban bisa kita ambil dari adjusted trial balance, sedangkan untuk saldo modalnya bisa kita ambil dari laporan perubahan modal yang udah kita buat sebelumnya. Untuk penjelasan lebih rinci tentang neraca, agan sista sekalian bisa baca ditulisan ane yang judulnya Sedikit Tentang Neraca (Balance Sheet). Setelah itu, baru kita bisa buat yang namanya laporan arus kas dengan mengambil data baik dari laporan laba rugi maupun neraca, penjelasan lebih rinci bisa dibaca ditulisan ane yang judulnya Ada Apa Dengan Laporan Arus Kas (AADLAK).

Waaaahhh kereeeennn eeeeuuuuyyyy, agan sista sekalian baru aja lewatin tahapan siklus akuntansi yang ke tujuh, yaitu menyiapkan laporan keuangan. Setelah selesai dengan laporan keuangan, kita lanjut ke tahap berikutnya dari siklus akuntansi, yaitu menyiapkan jurnal penutup (closing entries…). Apa sih jurnal penutup itu? Jurnal penutup ato closing entries itu adalah jurnal yang dibuat untuk menutup nominal account ato gampangnya akun2 dalam laporan laba rugi. Trus emang kenapa harus ditutup akun2 dalam laporan laba rugi? Supaya nanti pas diawal periode berikutnya, akun2 dalam laporan laba rugi kayak pendapatan dan beban bisa start dari nol lagi, karena laba rugi itu kan mencerminkan aktivitas perusahaan selama satu periode tertentu, jadi saldonya ga terakumulasi. Beda halnya dengan akun2 dalam neraca, akun2nya ga ditutup, karena saldonya akan terus terakumulasi. Gimana cara nutupnya? Karena tujuan dari jurnal penutup itu untuk me-nol-kan akun2 pendapatan dan beban2, maka tinggal diliat aja saldo normalnya. Karena pendapatan saldo normalnya di kredit, maka untuk menutupnya, kita jurnal akun pendapatan di debit, sedangkan untuk beban, karena saldo normalnya di debit, maka untuk menutupnya, kita jurnal akun beban di kredit, sehingga setelah dibuat jurnal penutup, baik akun pendapatan maupun beban bersaldo nol.

Yippiiiieeee…tahapan ke 8 dari siklus akuntansi udah kita lewatin. Sekarang saatnya kita melangkah ke tahap selanjutnya, yaitu neraca saldo setelah ditutup ato post closing trial balance. Gimana cara bikin post closing trial balance? Gampang banget agan sista sekalian, masih sama kayak bahasan sebelumnya, yang namanya bikin post closing trial balance, tinggal pindahin aja saldo dari adjusted trial balance setelah ditambah atopun dikurangin jurnal penutup. Masih bingung? πŸ˜• Oke….untuk lebih jelasnya, kita liat tabel neraca lajur dibawah ini:

Alhamdulillah…kita udah lewatin tahap ke-9 dari siklus akuntansi, tinggal satu tahap lagi dari siklus akuntansi yang mo kita bahas. Agan sista sekalian, tahapan terakhir dari siklus akuntansi adalah jurnal pembalik ato klo kata bahasanya om Kieso reversing entries. Reversing entries ini dibuat karena 2 alasan, yaitu untuk mempermudah, sifatnya optional ato pilihan, dan ada juga yang sifatnya wajib, yaitu jika kita menjurnal beban dibayar dimuka (prepaid expense) langsung sebagai beban (expense) atopun pendapatan diterima dimuka (unearned revenue) langsung dijurnal sebagai pendapatan (revenue). Dan perlu diketahui bahwa yang namanya reversing entries dibuat pada di awal periode berikutnya, misalkan klo tutup buku tanggal 31 Desember 2012, maka reversing entries dibuat tanggal 1 Januari 2013.

Pfffiiiuuuhhhh …..Akhirnya…..selesai juga bahasan kita tentang siklus akuntansi. Mudah2an agan sista sekalian bisa punya gambaran penuh tentang apa sih akuntansi itu, gimana sih prosesnya, dan lain sebagainya :grin:.Β  Tapi tenang aja agan sista sekalian, akuntansi itu selalu berkembang, sehingga masih banyak yang bisa kita diskusiin di tulisan2 berikutnya…. 😎

Semoga bermanfaat πŸ˜€

Advertisements

4 thoughts on “Mari Kita Selesaikan Siklus Akuntansi…..

  1. maaf pak, ada yang mau saya tanyakan. di Neraca Lajur diatas kenapa modal di jurnal penutup juga yaa ?
    sepaham saya dari penjelasan Bapak di atas, yang ditutup cuma Pendapatan dan Beban.
    mohon penjelasannya,
    terima kasih πŸ™‚

    • Jadi gini sis,,, akun modal memang ga ditutup, tapi pendapatan dan beban yang ditutup ke modal.. Jadi pendapatan yang ditutup akan menambah modal, sedangkan beban yang ditutup akan mengurangi modal.. Makanya di Laporan Perubahan Modal, laba (pendapatan lebih besar dari beban) akan menjadi penambah modal, sedangkan rugi (pendapatan lebih kecil daripada beban) akan menjadi pengurang modal… mudah2an bisa dipahami sis πŸ™‚
      Makasih ya udah mampir kesini πŸ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s