Akhirnya Bisa Juga Merancang Rumah

Alhamdulillah, akhirnya saya bisa juga bikin rancangan rumah 3 dimensi. Gimana tuh caranya? Pasti pada penasaran kan? Jadi konon jaman dulu saya tuh kepengen banget bisa bikin rancangan rumah secara 3 dimensi kayak yang ada di tipi2. Trus katanya orang2 sih bisa pake autocad. Akhirnya saya belajar autocad deh (mmmm…sebenernya sih baru baca2 sedikit tutorialnya, belum  praktekin hehehe….), tapi ternyata sampe sekarang masih belum kesampean bisa opersiin autocad nya.

Tiba2, pas saya lagi ngaskus, ketemu thread dengan judul Cara Merancang Rumah Sendiri di Internet, yang ditulis ma agan ganigan. Trus saya coba2 deh ikutin petunjuknya dan sekaligus donlot softwarenya di www.sweethome3d.eu. Alhasil, akhirnya saya bisa juga ngoperasiin software ini, dan yang jadi objek percobaan pertama saya adalah rumah kontrakan saya sendiri hehehe…

Ini dia nih hasilnya

Gimana, mantep kan? 🙂

Rencananya sih, rancangan saya selanjutnya adalah merancang rumah idaman bareng2 ma istri hehehe…(Cuit…cuiiiiiittttt…)

Tapi beneran lho, ini software bener2 ngebantu banget, bukan cuman buat ngerancang rumah aja, tapi juga bisa ngebantu kita untuk dekorasi interiornya. Kayak misalkan kita pengen beli sofa buat di ruang tamu, nah tinggal kita masukin aja deh sofanya ke rancangan rumah yang udah kita bikin sebelumnya, trus tinggal diatur2 deh cocoknya diletakin disebelah mana itu sofa. Pokoknya keren banget deh.

Buat yang penasaran, silahkan dicoba softwarenya. Saya juga baru pake sekali sih, jadi masih belum banyak tau gimana caranya supaya bisa lebih bagus lagi, masih harus lebih menggali lagi secara otodidak. Tapi sampe saat ini, sampe rancangan rumah kontrakan saya jadi, ga terlalu banyak sih kendala berarti yang dihadapi (ceileeeeehhhh….). Yang penting, ikutin aja dulu petunjuk berikut, yang saya kutip dari thread yang judulnya Cara Merancang Rumah Sendiri di Internet yang ditulis ma agan ganigan:

1. Unduh, instal, dan jalankan aplikasi Sweet Home 3D (bisa diperoleh di www.sweethome3d.eu). Anda akan melihat tiga jendela dalam aplikasi tersebut—jendela sisi kiri berisi komponen penyusun rumah (jendela hingga perabot), sisi kanan-atas berisi area kerja gambar, dan sisi kanan bawah berisi preview 3D rancangan.

2. Ubah satuan ukur aplikasi. Klik [File] > [Preferences…]. Di boks “Preferences”, pilih [Meter] pada menu “Unit”. Jika ingin dapat mengaplikasikan warna dan tekstur pada rumah, klik [Floor color or texture]. Klik [OK].

3. Mulailah membuat rancangan denah rumah. Pastikan Anda telah mengetahui ukuran luas bangunan. Klik tombol [Create Walls]. Buatlah dinding utama rumah dengan mengklik-tarik pointer hingga membentuk garis. Jika sudah selesai, klik-dobel pointer untuk menghentikan proses pembuatan dinding.

4. Tampilan 3D dinding rumah akan langsung muncul di jendela sisi kanan bawah aplikasi. Anda bisa membentuk dinding dalam rumah melalui tombol [Create Room]. Cara penggunaannya sama dengan membentuk dinding. Tool ini akan membuat area ruang plus menampilkan ukurannya.

5. Setelah ruangan-ruangan terbentuk, buatlah dinding ruangan dengan [Create Walls] kembali. Setelah terbentuk, modifikasi setiap ruangan dengan mengklik-kanan salah satu ruangan, lalu klik [Modify rooms…] dari menu yang muncul.

6. Beri nama ruangan pada “Name”. Pilih warna atau tekstur untuk lantai dan langit-langit di dua menu di bawah. Untuk mengganti lantai menjadi lantai keramik, centangi [Display Color], klik [Texture] dan tombol di sampingnya, lalu pilih tekstur lantai yang diinginkan. Klik [OK]. Lantai akan terlihat di jendela ruangan 3D.

7. Modifikasi dinding dengan mengklik-kanan salah satu dinding di jendela kanan atas, lalu klik [Modify walls…]. Kelola warna dan tekstur di menu “Left Side” dan “Right Side”. Masing-masing permukaan dinding dapat diatur. Anda juga dapat mengelola ketebalan sampai ketinggian dinding di menu lain. Klik [OK].

8. Buatlah pintu dan jendela. Klik segitiga di opsi [Doors and windows] yang ada di jendela sisi kiri atas. Buat kusen lebih dulu. Klik [Door frame], lalu tarik ke jendela kanan atas. Tempatkan pada posisi yang diinginkan. Jika ingin ukurannya diubah, klik-dobel kusen, lalu atur ukuran di boks yang muncul. Klik [OK].

9. Selanjutnya, masukkan pintu dengan mengklik-tarik [Door] ke arah kusen. Perhatikan arah bukaan pintu. Jika garis lengkung berada di dalam ruangan, berarti bukaan pintu mengarah ke dalam. Anda bisa memasang jendela dengan cara yang sama memakai komponen berlabel “Windows”. Pilih jenis jendela yang dikehendaki.

10. Setelah bangunan selesai, Anda bisa merancang tatanan perabot di dalam rumah. Pilih jenis perabotan dari menu jendela kiri atas. Untuk dapur misalnya, cari perabot di “Kitchen”. Klik-tarik perabot yang diinginkan di posisi ruangan dapur. Tata posisi dan arahnya.

11. Tampilan 3D rancangan rumah Anda dapat dirotasi dengan mengklik-tarik gambar di jendela kanan bawah agar Anda dapat melihat seluruh posisi ruangan. Anda bisa mengunjungi setiap ruangan dengan mengklik [3D view] > [Virtual visit].

12. Simpan rancangan Anda untuk dikonsultasikan ke arsitek atau kontraktor. Klik [File] > [Save]. Beri nama dan simpan. Ingat, file ini hanya dapat disimpan dalam format bawaannya. Jika ingin dikirim ke pihak lain, simpanlah dalam format PDF dengan mengklik [File] > [Print to PDF…]

Mudah2an tulisannya bermanfaat dan bikin penasaran hehe….. Selamat mencoba! 🙂

Advertisements

6 thoughts on “Akhirnya Bisa Juga Merancang Rumah

  1. Wiii bagus jg …. ntar gw coba deh
    kalo gw ada kolam renang sebelah rumah, kamar mandi aga banyak. Kamar pake model di hotel2 gitu… haha
    Plus … taman di ruang belakang

    • Iya kang, saya juga pertamanya mah penasaran, pas udah dicoba, emang bener gampang dan manfaat..soalnya klo pengen ngedekor ulang ruangan, bisa dicoba dulu di aplikasi nya sebelum geser2 lemari hehehe…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s