Mmmm…It’s Time for Laporan Perubahan Modal

Halo semuanya 🙂

Hehe…udah lama nih, lebih dari sebulan saya ga ngeblog lagi, apalagi untuk ngebahas akuntansi, kayaknya udah lama banget ya…. (iya lah, jelas aja lama banget, orang udah hampir setaun ga bahas akuntansi lagi)

Okeh, berhubung udah lama ga nulis, jadi masih rada kaku nih buat nulis lagi. Tapi saya harus tetep berjuang sekuat tenaga untuk membuat sebuah coretan bermanfaat bagi para pembaca setia blog ini (hehehe…lebay banget dah..)

Yupz..sesuai dengan judulnya, sekarang kita mo bahas salah satu laporan keuangan yang sebelumnya belum kita bahas secara detil, yaitu Laporan Perubahan Modal.

Sebenernya apa sih Laporan Perubahan Modal ato ceuk basa Sunda na mah Statement of Owner’s Equity itu? Namanya juga perubahan modal, pasti informasi yang tersaji dalam laporan ini terkait dengan perubahan modal yang terjadi selama satu periode akuntansi. Maksudnya gimana tuh? Sabar..sabar, ini baru mo dijelasin hehe…

Jadi gini nih maksudnya, secara sederhananya laporan ini menyajikan informasi tentang berapa sih modal sang pemilik perusahaan di awal periode akuntansi tahun berjalan, trus berapa tambahan modalnya dan berapa juga modal yang berkurang selama periode tahun berjalan. Nah, akhirnya kita bisa nentuin deh berapa saldo modal si pemilik diakhir periode akuntansi tahun berjalan.

Hmmmm….terus apa aja sih yang jadi penambah dan pengurang modal itu? Nah, masih inget kan dengan Laporan Laba/ (Rugi) yang pernah saya bahas? (gimana mo inget, orang ngebahasnya aja udah setaun yang lalu…hehe). Nah, di Laporan Laba/ (Rugi) kan ada tuh yang namanya Laba ato Rugi, tergantung dari besar mana antara pendapatan ato beban, nah itu dia yang jadi penambah ato pengurangnya. Jadi laba itu merupakan penambah modal, sedangkan rugi menjadi pengurang modal. Selain itu apalagi yang jadi penambah dan pengurang? Kalo si pemilik modal ngambil modalnya sendiri, trus juga ada pembagian dividen, nah itu semua jadi pengurang modal. Sedangkan penambahnya, selain karena laba, juga bisa karena emang si pemilik modal nambahin modalnya dia sendiri. Buat lebih jelasnya, liat deh contoh Laporan Perubahan Modal dibawah ini:

Gimana…gimana..? Udah pada ngerti kan sekarang dengan Laporan perubahan modal? Memang sederhana kok, yang penting kita tahu berapa modal di awal periode, kemudian kita liat laporan laba/rugi nya, apakah untung ato rugi, klo untung berarti menjadi penambah modal, sedangkan klo rugi berarti mengurangi modal. Selanjutnya diliat lagi, ada setoran ato penarikan modal ga selama periode berjalan, klo ada setoran modal berarti menjadi penambah sedangkan penarikan modal berarti mengurangi modal. Terakhir diliat juga, apakah diperiode berjalan ada pembagian dividen, kalo memang ada, berarti dividen itu menjadi pengurang modal.

Simpel kan? Nah silahkan dibaca2 lagi dari atas ke bawah, biar tambah ngerti (soalnya klo bacanya dari bawah ke atas biasanya suka bingung…. :p). Okeh, biar ga tambah bingung, kita cukupin aja dulu ya tulisan kali ini, smoga bermanfaat..Oiya, klo ada yang mo nambahin, ato mo koreksi tulisan ini, dipersilahkan dengan senang hati….have a nice Wednesday (halah maksa banget dah…)

Advertisements

5 thoughts on “Mmmm…It’s Time for Laporan Perubahan Modal

    • Sory gan baru bales, maklum lagi ditugasin ke daerah yang susah koneksi internetnya.
      intinya sih sama aja gan, tapi biasanya kalo yang udah menerbitkan saham:
      Modal awal + penerbitan saham – pembelian treasury stock + net income – cash dividends = Modal akhir
      Gitu gan,,, moga membantu

  1. Pingback: Mari Kita Selesaikan Siklus Akuntansi….. « Sijagur

  2. gimana laporan perubahan modalnya apabila prive yang dibagikan setiap bulan ternyata melebihi laba tahun lalu sehingga laba tahun lalu menjadi rugi….apakah kalau rugi akan diperiksa oleh pajak

    • Sebelumnya makasih udah mampir 🙂

      Setau ane, prive itu ga mengurangi laba tahun lalu, tapi dia mengurangi modal (coba diliat lagi contoh laporan perubahan modal diatas). Jadi, prive yang dibagikan hanya akan mempengaruhi modal dan ga pengaruh ke besaran laba baik tahun ini maupun tahun2 sebelumnya.

      CMMIW :mrgreen:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s