Indahnya Kawah Putih Ciwidey

Sebulan lebih sudah, saya kembali vacuum dari dunia per-Blogg an. Bukan karena sibuk kerjaan atau kesibukan rutinitas lainnya yang kadang menjemukan (sok resmi banget yak bahasanya..), tapi lebih karena ada peristiwa besar dalam kehidupan saya yang mengubah hidup saya, dari yang tadinya hanya seorang bujangan, sekarang diberi amanah yang jauh lebih besar dengan hadirnya seorang istri yang menjadi pendamping hidup saya. Alhamdulillah akhir September lalu, masih di bulan Syawal, saya melepas masa lajang saya, dengan menikahi seorang wanita dibilangan Bekasi Barat.

Cukup dulu ah prolognya, yang pasti hari ini saya mo nulis tentang keindahan tempat wisata Kawah Putih Ciwidey. Yah, sambil jalan-jalan ke Bandung dengan istri, kami memutuskan untuk “nekat” mendatangi objek wisata yang cukup terkenal di daerah Bandung, yaitu Kawah Putih. Dibilang nekat, karena memang saya belum pernah ke daerah Ciwidey, dan saya tidak terlalu hafal daerah Bandung Selatan (kalo ga salah hehe…maklum saya peta buta, eh maksudnya saya buta dengan peta hehe..). Dengan bantuan Om Google, dan dibantu dengan Google Maps, akhirnya saya bisa dapet juga ancer-ancer ke daerah Ciwidey, sehingga kenekatan saya bisa diminimalisir dengan beberapa perhitungan.

Pagi-pagi sekitar jam 9an, saya dan istri berangkat dari tempat kami nginep, di daerah Geger Kalong, di kawasan Darut Tauhid. Turun melewati Setia Budi dan ujung2nya masuk ke Tol Pasteur, dilanjutkan ke Tol Padalarang, dan akhirnya keluar di Tol Kopo – Soreang. Abis keluar tol, terus belok kanan dan ikutin aja jalan, soalnya ke arah Ciwidey, petunjuk arahnya sangat membantu, jadi ga perlu takut untuk nyasar (klo emang terlanjur nyasar, anggap aja jalan-jalan, biar ga terlalu kesel hehe… hehehe…). Setelah menempuh perjalanan yang lumayan cukup jauh itu, akhirnya kami sampai juga didepan gerbang Kawah Putih. Pas mo bayar tiket….Jeng-jong,, betapa kagetnya saya, karena harus mengeluarkan uang sebesar Rp174.000 (Rp150.000 untuk 1 mobil ditambah Rp24.000 utk 2 orang @Rp12.000) untuk bisa  masuk ke kawasan objek wisata Kawah Putih. Soalnya sehari sebelumnya abis dari Tangkuban Parahu, dan tiketnya terbilang cukup murah, jauh dibandingkan tiket ke Kawah Putih, makanya sempet rada shock.

Karena udah kepalang tanggung, jauh-jauh dateng ke Ciwidey, akhirnya kita masuk juga deh, berharap mendapatkan pemandangan dan fasilitas yang sebanding dengan harga tiket (dasar orang akuntansi, ga mau rugi.. hehehe…).Dari gerbang, kita harus menempuh perjalanan kurang lebih sekitar 5 Km melewati hutan yang sangat rindang, dan jalan yang menanjak, untuk bisa sampai ditempat tujuan.

Begitu kita sampai dan masuk ngeliat objek wisatanya… Subhanallah, emang bener-bener indah banget pemandangan yang terbentang luas dihadapan (mulai-mulai sok puitis deh hehe…). Sungguh sangat-sangat takjub dengan keindahan karya agung Sang Maha Pencipta yang begitu sangat indahnya. Kayak pantai, tapi bukan pantai… Udaranya dingin tapi agak panas, pokoknya mah luar biasa banget deh suasananya.

Tapi amat sangat disayangkan, toiletnya kacau balau, terlampau amat sangat parah. Airnya ga ngalir, trus kotor dan bau pesing yang bisa bikin pening kepala hehe…

Itulah sekelumit cerita dari saya tentang keindahan Kawah Putih Ciwidey. Tenang aja, biar bacanya ga ngebosenin dan biar ga dikira Hoax, saya juga tampilin foto2nya waktu saya dan istri berkunjung kesana kok. Tapi mohon maap ya, saya ga bakalan nunjukin foto diri saya apalagi foto istri saya…klo bahasa orang Sunda na mah, privacy…hehehe….

6 thoughts on “Indahnya Kawah Putih Ciwidey

• Iya memang mahal tiket masuknya, makanya klo mo naik mobil kesana mendingan penuhin penumpang mobilnya, biar jatohnya ga terlalu mahal hehehe… salam kenal juga n sukses selalu…