33 comments on “Tips n Tricks Menghadapi Tes Masuk Kerja 2 (Tamat)

    • sory gan baru bales, ane udah lama ga buka blog ini.. waktu itu sih pernah ditanya kayak gitu, trus ane jawab: saya ingin mengaplikasikan ilmu yang saya miliki dan mengembangkan potensi yang ada pada diri saya untuk memajukan perusahaan ini pak, karena saya melihat perusahaan ini memberikan kesempatan bagi saya untuk mencapai hal tersebut. Gitu gan ane jawabnya.. biasanya sih berhasil hehe….

  1. thanks buat sharingnya bos..kemaren baru aja gagal di FGD SLB,aduhh..harusnya baca ini dulu,hehe..thanks bos

  2. kalo dikasih pertanyaan “apa yg membuat kami menyesal menolak anda/ apa yg membuat anda layak kami terima?? ” jawabnya apa gan ?? makasih

    • Waktu itu sih ane pernah juga ditanya apa yang anda layak kami terima?
      Dulu ane jawabnya “saya memiliki latar belakang pendidikan yang bagus, memiliki pengalaman berorganisasi sehingga memiliki communication skill yang bagus yang kelak bermanfaat di perusahaan ini.” gitu…
      Intinya sih ketika kita ditanya pertanyaan kayak gitu, itulah saatnya kita menjual kelebihan yang kita miliki ke si pewawancara….
      mudah2an bisa membantu🙂

      • hmmm…. gitu,, oke deh makasih ya gan
        doain saya ya, “masih mencari” yg lebih baik nih,hehehehehe😀

      • gan ane mau curhat nih hehehe… boleh gaa??
        jadi gini gan ane kan critanya udah kerja nih, tapi masih pengen cari yg lebih baik gan, masalahnya tempat kerja ane sekarang aturannya ketat banget susah gan kalo mau ijin2 keluar. Pernah ada panggilan tes d perusahaan BUMN tapi gak ane ikutin karna jadwal tesnya hari kerja T_T, butuh saran nih gan gimana caranya kalo dapet jadwal tes di hari kerja ??hikss hiksss makasih gan sebelumnya

      • Sory banget nih baru ngeblog lagi, soalnya kerjaan lagi buanyak banget hehehe…Boleh..boleh curhat disini…

        Mmmmm…klo susah ijin agak repot juga. Kalo ane waktu itu buat tes biasanya ijin klo ga cuti. Tapi pernah juga ngabur setengah hari, tapi akhirnya ngelembur deh hehe… Kalo ane liat sih, pada dasarnya yang penting kerjaan kita selse pada waktunya, jadi klo misalkan ada deadline hari ini, trus ternyata kita ada tes setengah hari, mau ga mau kita harus ngorbanin waktu buat lembur, supaya kerjaan kita juga selse pada hari itu, jadi sama2 beres… Soalnya dulu ane ga terlalu dipermasalahin “ilang” setengah hari ato bahkan seharian, selama kerjaan kita selse… gitu mungkin ya saran dari ane..mudah2an bermanfaat..

        Makasih ya udah mampir🙂

  3. gan mau nanya nih, aq udh bnyk banget ne ngikuti ujn psikotes, tp kebanyakn selalu gagal gan. wkt ngegambar orang ne crtanya gan, apa2 z sih yg mesti qt perhatikan dalam menggambar orang??

    • Ane pernah denger katanya klo ngegambar orang itu posisinya harus simetris trus gambarnya mencerminkan orang yang terbuka n friendly, ngegambarnya ga condong ke kiri atopun ke kanan. Ane sendiri klo ngegambar orang biasanya tangannya terbuka n penuh senyum optimis, karena katanya gambar tersebut mencerminkan orang yang terbuka dan friendly (ga tau sih bener ngganya, tapi dg gambar itu, ane selalu berhasil lolos tes psikotes)..

      Selamat mencoba lagi gan, ga usah nyerah, terus aja berusaha n berdo’a.. Good Luck🙂

  4. hadehkk,,gagal lg euy..
    Gara2 dijebak pertanya’an ”apa yg akan anda lakukan bila anda sudah kami terima bekerja disini”
    dalem hati sih pngen ngjawab ”koprol 2 jengkal”
    hehehheh,,,
    yg lain smoga sukses yah..

    • Gpp gan, gagal itu adalah awal dari keberhasilan… jadiin pengalaman gagal kali ini sebagai pelajaran buat tes berikutnya di perusahaan yang lebih baek…

      Semaangaaattt🙂

      Makasih udah mampir gan…

  5. Kenapa pusing tentang mencari pekerjaan sebagai karyawan? Berwirausahalah kawan-kawan. Penjual rujak pun bisa menghasilkan 5 juta per bulan, bersih. kalau capek atau jenuh bisa langsung packing lalu ke jalan-jalan ke Bali, kapanpun Anda mau. Btw, di Amerika jumlah wirausahawannya ada 30% jumlah penduduk. Di Indonesia masih di kisaran 2%. Turis-turis bule yang pada ke Bali itu bukan seluruhnya orang kaya di sono nya, banyak yang “cuma” sopir bus, pembersih sampah, tukang cuci piring, dll. Sementara orang Indonesia yang berlibur ke Amrik pasti pejabat, pengusaha, dan para koruptor xixixixixi.

    • Ane setuju bgt nih dg agan edo..sebenernya ane jg pengen bgt bwt wirausaha,,jd enterpreuner sejati…tapi sampe skr msh blm terwujud euy…mudah2an dlm waktu dkt bisa terwujud jd salah satu enterpreuner yg sukses..amiinnn

      makasih udh mampir gan🙂

  6. bermanfaat sekali gan postingan nya. dulu ane sering banget gagal kalo masalah tes kerja yang berhubungan dengan communication skill, tapi pas ane sering baca-baca artikel di internet tentang tips masuk kerja, alhmdulillah ane sekarang bisa lolos gan kalo tes nya tentang communication skill, sekarang ane juga nulis-nulis di blog ane yaitu http://birulinc.com/ tentang tips masuk kerja gitu,, biar bisa berbagi ke para jobseeker yang sedang cari kerja.

  7. Sora gan, mau nanya nih, untuk tes di orang tua grup ada yang tau pas interview poin2 pertanyaannya apa saja? Terima kasih atas informasinya yang lengkap.

    • Dari pengalaman interview di bbrp perusahaan, biasanya pertanyaannya seputar informasi pribadi, background pendidikan, kekuatan dan kelemahan, problem solving yg pernah dilakukan, dll..
      Klo di orang tua grup ane ga tau gan, bbrp pertanyaan mungkin sama kyk diatas.. sukses interviewnya ya gan..
      Makasih udh mampir🙂

Leave a Reply

