Sedikit Tentang Neraca (Balance Sheet)

Setelah sekian lama ga update blognya, sekarang saya coba update lagi nih blognya, terutama masalah Akuntansinya. Apa yang saya tulis disini mungkin ga terlalu dalem banget, soalnya udah lama juga ga pegang akuntansi lagi n kebetulan buku2 akuntansinya juga udah ditinggal dirumah.

Ditulisan sebelumnya, kita udah ngebahas secara umum apa sih akuntansi itu, trus siapa aja sih penggunanya, dan terakhir apa aja sih outputnya. Nah, sekarang kita coba bahas satu2 output dari akuntansi, dimulai dengan Neraca (Balance Sheet).

Apa sih sebenernya neraca itu? Neraca itu sebenernya potret keadaan suatu perusahaan pada suatu titik waktu tertentu. Itu sebabnya kenapa dibagian judul, untuk periode waktunya ditulis “per 31 Desember 20XX”, contoh:

PT. ABC

Neraca

Per 31 Desember 2010

Apa aja sih informasi yang ditunjukkin di neraca? Secara umum neraca itu nunjukkin harta yang dimiliki perusahaan dan juga kewajiban perusahaan, ama satu lagi, yaitu modal perusahaan. Sisi harta, biasanya disebut dengan Aktiva (Assets), sedangkan kewajiban dan modal ada disisi Pasiva (Liabilities and Stockholder’s Equity). Yang namanya neraca, ato bahasa Inggrisnya disebut Balance Sheet, maka mau ga mau sisi Aktiva dan sisi Pasiva harus seimbang (balance). Jadi kalo dirumusin, bakalan ketemu rumus kayak gini nih:

Aktiva = Pasiva

Karena Pasiva itu terdiri dari kewajiban dan modal, maka rumusnya bisa jadi kayak gini nih:

Aktiva = Kewajiban + Modal Perusahaan

Sekarang kita bahas satu2 ya. Apa sih Aktiva itu? Gampangannya, aktiva adalah segala sesuatu yang menjadi hak perusahaan atau sumberdaya yang dimiliki perusahaan, yang bisa dihitung dengan nilai uang. Nah aktiva ini terbagi menjadi aktiva lancar dan aktiva tidak lancar. Yang disebut aktiva lancar, yaitu seluruh aktiva yang bisa diconvert atau dirubah menjadi kas dalam waktu kurang dari satu tahun, biasanya sih paling lambat 3 bulan. Contohnya, kas (ini sih udah jelas lancar banget), terus persediaan (yang namanya persediaan biasanya dijual kurang dari 3 bulan), piutang dagang (ini juga dibilang lancar, karena piutang ini sifatnya jangka pendek, klo piutangnya jangka panjang, akan masuk ke kategori aktiva tidak lancar), dan ada juga marketable securities (surat2 berharga yang dibeli untuk tujuan dijual kembali, biasanya sifatnya spekulasi nih). Nah kalo aktiva tidak lancar, biasanya jangka waktu masa manfaatnya lebih dari satu tahun, atau bisa diconvert menjadi cash diatas satu tahun. Contoh paling gampangnya bangunan. Bangunan ini biasanya masa manfaatnya lebih dari satu tahun, tidak untuk dijual, dan digunakan untuk kegiatan operasional perusahaan. Atau contoh lainnya lagi adalah kendaraan. Biasanya masa manfaatnya sekitar 5 tahunan nih untuk kendaraan, dan diperoleh tidak ditujukan untuk dijual kembali, melainkan untuk digunakan dalam kegiatan operasional.

Tapi jangan salah, bukan berarti mobil dan bangunan selalu jadi aktiva tidak lancar. Boleh jadi kendaraan jadi aktiva lancar, yaitu sebagai persediaan, kalo perusahaannya adalah memang pabrik mobil, karena emang yang mereka jual adalah mobil. Begitupun dengan bangunan, kalo perusahaannya itu perusahaan real estate atau developer, maka bangunan akan diperlakukan sebagai persediaan.

Oke, sampe sini kira2 udah mulai ada gambaran kan tentang apa sih yang namanya aktiva itu. Kalo udah mulai kebayang, yuk kita lanjut lagi bahas kewajiban dan modal.

Kewajiban (liabilities) adalah segala sesuatu yang menjadi kewajiban perusahaan kepada pihak ketiga akibat transaksi yang dilakukan dimasa lalu. Nah lho bingung ga tuh dengan definisinya? Gampangnya gini, yang dicatat di kewajiban adalah kewajiban kita ke pihak ketiga (utang) atas transaksi yang terjadi dimasa lalu (kita beli barang secara kredit, ato kita ngutang ke bank, dll). Sama halnya dengan aktiva, kewajiban juga ada kewajiban jangka pendek dan kewajiban jangka panjang. Sama persis kayak akitva lancar, kewajiban jangka pendek juga waktunya kurang dari satu tahun. Contohnya adalah utang dagang (biasanya waktunya kurang dari 3 bulan). Ini biasanya kita beli barang ke supplier secara kredit, dan mereka kasih kita jatuh tempo biasanya sih cuman sebulan, ato paling lambat 3 bulan lah, jadi ga nyampe setahun, makanya masuk ke kategori kewajiban jangka pendek. Beda halnya klo kita kita pinjem uang ke bank untuk nambah modal perusahaan. Kalo utang bank ini bisa jadi jangka waktunya diatas setahun, bisa 5-10 tahunan jangka waktunya, makanya utang bank ini masuk ke kategori kewajiban jangka panjang.

Terakhir, kita bahas yang namanya modal perusahaan. Nah modal ini adalah modal dasar perusahaan. Kalo perusahaannya perusahaan perseorangan, misalnya punya pak Jamil, maka modal ini adalah modal yang dimiliki pak Jamil buat bikin perusahaan. Kalo perusahaannya udah berbentuk PT (perseroan terbatas), modalnya ini berupa saham.

Nah, sampe sini udah pada lumayan ada gambaran kan tentang neraca (balance sheet), aktiva, kewajiban dan modal? Dan udah pada ngerti kan kenapa disebut “balance” sheet?

Cukup sampe disini dulu nih tulisannya, Insya Allah nanti diupdate lagi.

Semoga tulisan kali ini bisa bermanfaat, dan klo masih ada kekurangan, dan pastinya masih banyak, smoga ada juga yang mo bantu nambahin tulisannya, biar tambah bermanfaat lagi… hehe

Advertisements

28 thoughts on “Sedikit Tentang Neraca (Balance Sheet)

  1. Pingback: Mari Kita Selesaikan Siklus Akuntansi….. « Sijagur

  2. Mau nanya dong, kalo misalnya saya punya mobil yang masih belum lunas cicilan kreditnya. itu masuk ke aset atau masuk ke utang ya. Saya baru mau merambah ke dunia ekonomi nih masih agak2 bingung hehe. Makasih

    • Sebelumnya makasih udah mampir gan.. 🙂

      Jadi setau ane, kredit itu bisa masuk sebagai leasing gan, tepatnya capital lease karena memenuhi ketiga hal yang dipersyaratkan sebagai capital lease menurut PSAK 30, yaitu

      1. Penyewa guna usaha memiliki hak opsi untuk membeli aktiva yang disewagunausaha pada akhir masa sewa guna usaha, dengan harga yang telah disetujui bersama pada saat dimulainya perjanjian sewa guna usaha.
      2. Seluruh pembayaran berkala yang dilakukan oleh penyewa guna usaha ditambah dengan nilai sisa, mencakup pengembalian harga perolehan barang modal yang disewa gunausaha serta bunganya, sebagai keuntungan perusahaan sewa guna usaha (full payout lease).
      3. Masa sewa guna usaha minimum 2 (dua) tahun.

      Dan untuk kredit mobil, pastinya memenuhi ketiga syarat tersebut, dan otomatis leasingnya menjadi capital lease.

      Nah, karena udah memenuhi syarat capital lease, berarti mobil yang masih belum lunas cicilan kreditnya itu merupakan aset, sehingga disisi debit kita akan mencatat aset, dan begitu pula disisi kredit kita akan mencatat kewajiban lease, selain itu kita juga akui beban penyusutannya.. gitu gan..mudah2an bisa menjawab pertanyaannya ya gan 🙂

    • Jadi gini sis, klo neraca itu adalah potret perusahaan pada suatu titik tertentu,,, maka dari itu periode yang tertulis di judul neraca adalah per 31 XXXX (Ga harus 31 Desember, tergantung Laporan Keuangannya dibuat per kapan, ada yang bulanan ada juga yang tahunan).. Jadi klo kita liat neraca per 31 Desember, maka baik aset, kewajiban maupun modalnya adalah posisi terakhir pada tanggal tersebut…

      Mudah2an bisa ngejawab pertanyaannya…

      Makasih udah mampir sis 🙂

    • Klo kita liat definisinya sih, aktiva ato aset itu merupakan manfaat secara ekonomi yang mungkin kita peroleh dimasa yang akan datang akibat adanya transaksi dimasa lalu, sedangkan pasiva sendiri merupakan kewajiban + modal, dimana kewajiban adalah pengorbanan secara ekonomi yang mungkin akan timbul dimasa yang akan datang akibat adanya transaksi dimasa lalu…

      Gampangnya sih untuk membedakan penempatan aktiva dan pasiva, yaitu aktiva adalah:
      1. Kas yang dimiliki oleh perusahaan adalah merupakan aktiva, contohnya kas di bank, kas kecil (petty cash)
      2. Klaim perusahaan atas pihak ketiga juga merupakan aktiva, contohnya segala macem piutang (yang akan kita klaim jadi kas dimasa yang akan datang)
      3. Harta yang kita miliki juga merupakan aktiva, contohnya gedung, peralatan, perlengkapan, dll…
      4. Investasi yang dimiliki atas suatu perusahaan juga merupakan aktiva, contohnya investasi pada PT. ABC
      5. Pengeluaran/ pengorbanan yang telah kita lakukan baik dimasa sekarang maupun masa lampau untuk mendapatkan manfaat sampai masa depan adalah aktiva.

      Nah, kalo pasiva itu terdiri dari:
      1. Seluruh kewajiban perusahaan terhadap pihak lain adalah merupakan pasiva.
      2. Seluruh modal perusahaan merupakan pasiva juga, karena pasiva adalah kewajiban + modal

      Semoga bisa menjawab pertanyaannya ya… :mrgreen:

      Makasih udah mampir 🙂

  3. posting sangat bermanfat,sangat membantu bagi sy khususnya pelaku ukm,mau minta saranya pak abu,bagaimana cara memulai dan dari mana memulainya pencatatan keuangan untuk usaha kecil seperti saya,sy ingin belajar laporan keuangan pak.terimakasih bnyk

    • Alhamdulillah kalo bermanfaat pak… 🙂
      Pada dasarnya dlm membuat laporan keuangan, kita harus mencatat semua transaksi yg terjadi dan mengarsip semua dokumen terkait transaksi2 yg kita catat.. Pencatatannya bisa dilakukan secara manual atau bisa pake software akuntansi sederhana…
      Makasih udh mampir pak 🙂

    • Jadi gini gan.. sistem akuntansi yg dipake secara umum kan sitem double entry, artinya setiap ada transaksi maka hrs dibikin jurnal pada dua sisi, yaitu sisi debit dan kredit.. Nah karena tiap ada transaksi hrs dibikin jurnal utk sisi debit dan kredit, maka secara logika jumlah sisi debit dan kredit harus sama (balance).. Klo misalkan jumlah debit ma kreditnya ga sama, berarti ada kesalahan pas ngejurnal ato ngeposting..

      Mudah2an bisa ngejawab pertanyaannya gan… :mrgreen:

      Makasih udh mampir gan 🙂

  4. lagi iseng googling istilah2 laporan keuangan,, akhirnya menemukan blog ini 😀 Bahasanya mudah dicerna, trimakasih Pak! nice sharing ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s