Akuntansi oh akuntansi…

Banyak yang bilang akuntansi itu sulit. Banyak yang bilang kalo akuntansi itu njlimet. Banyak yang bilang akuntansi itu susah…. Emang bener sih, walaupun ga 100% bener hehehe…

Sebetulnya itu semua tergantung prasangka kita diawal. Kalo kita menganggap akuntansi itu susah, maka hal itu akan menjadi kenyataan. Tapi kalo dari awal kita menganggap biasa-biasa aja, mungkin akan lain ceritanya.

Lewat tulisan ini, saya pengen coba membagi sedikit yang saya ketahui tentang apa sih akuntansi itu.

Pada dasarnya, proses akuntansi itu adalah suatu proses yang dimulai dari mengidentifikasi transaksi yang terjadi, trus mencatatnya, kemudian mempostingnya yang akhirnya jadilah sebuah informasi berupa laporan keuangan yang akan digunakan oleh pengguna informasi akuntansi untuk pengambilan keputusan, baik keputusan investasi, keputusan memberikan kredit, dan lain sebagainya.

Udah ngerti definisinya kan? Kalo definisinya udah ngerti, berarti udah lumayan tuh, setidaknya udah ada gambaran ke depannya seperti apa sih akuntansi itu sebenarnya.

Dari definisi diatas, kita tahu bahwa tujuan akhir dari proses akuntansi adalah memberikan informasi tentang perusahaan ke para penggunanya untuk pengambilan keputusan. Pengguna yang dimaksud dibagi menjadi 2 kategori, ada pengguna internal dan ada juga pengguna eksternal. Gampangannya, pengguna internal adalah orang-orang yang merupakan bagian dari perusahaan, seperti management, karyawan, serikat pekerja, dll. Sedangkan pengguna ekternal adalah orang-orang yang ada diluar perusahaan, seperti investor, kreditor, pemerintah, dan lain sebagainya.

Nah sekarang udah tau belum laporan keuangan itu apa aja? Kalo belum tau, laporan keuangan itu ada 4 atau 5 (tergantung orangnya, kadang-kadang ada yang bilang catatan atas laporan keuangan itu adalah laporan keuangan yang berdiri sendiri, dan bukan merupakan bagian dari laporan keuangan yang ada, ada juga yang bilang itu mah bagian dari laporan keuangan), yaitu:

  1. Income Statement (Laporan rugi-laba). Laporan ini menggambarkan kegiatan operasional perusahaan selama satu periode akuntansi.
  2. Stockholder’s Equity Statement (Laporan Perubahan Modal). Laporan ini menunjukan mutasi atawa pergerakan modal perusahaan, biasanya perubahan modal ini dipengaruhi ama laba yang didapet perusahaan
  3. Balance Sheet (Neraca). Laporan ini menunjukkan posisi perusahaan pada suatu titik waktu tertentu
  4. Cash Flows (Arus Kas). Laporan ini memperlihatkan kas yang bener-bener masuk dan bener-bener keluar dari perusahaan. Karena laba yang didapat belum tentu sama dengan kas yang didapat
  5. Notes to Financial Statement (Catatan atas Laporan Keuangan). Sebetulnya catatan atas laporan keuangan ini merupakan penjelasan dari keempat laporan keuangan yang udah dibahas diatas. Contoh informasi yang ada disini biasanya tentang metode penyusutan yang digunakan perusahaan, tentang umur piutang, dan lain-lain. Nah ini nih yang dari tadi dipermasalahin, kadang-kadang orang nganggep catatan ini merupakan laporan keuangan yang berdiri sendiri, makanya dia akan bilang kalo laporan keuangan ada 5. Tapi ada juga yang bilang, kalo ini tuh bagian dari laporan keuangan, makanya dia akan bilang kalo laporan keuangan itu cuma ada 4

Okeh…udah lumayan kebayang kan akuntansi itu kayak gimana, trus udah tau juga kan tujuan dari proses akuntansi itu apaan, trus lagi sekarang udah tau kan siapa aja yang ngegunain tuh laporan keuangan, dan terakhir udah pada tau kan sekarang apa aja sih output dari proses akuntansi itu? Ya itu tadi, outputnya adalah berupa laporan keuangan.

Cukup sampe disini dulu deh pembukaannya, laen kali disambung lagi materinya…kita dalemin materinya..tapi bertahap aja, ga usah buru-buru..

Semoga bermanfaat!

*Kamis, 13 Agustus 2009 – Di sudut ruangan – tengah hari bolong yang panasnya minta ampun….*

Advertisements

5 thoughts on “Akuntansi oh akuntansi…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s